Senin, 07 Mei 2012

99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 4)

Note :
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 1) --- Ada DISINI ---
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 2) --- Ada DISINI ---
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 3) --- Ada DISINI ---


<< Lanjutan >>


Google.com

61) SERINGKAH TERDENGAR KELUHAN TENTANG PIL ITU?

Pil-pil KB ini sekarang jauh lebih sedikit menimbulkan keluhan atau akibat sampingan daripada jenis-jenis dulu yang sering mengandung dosis hormon yang lebih tinggi. Enam dari tujuh orang yang menggunakan pil sama sekali tidak mempunyai keluhan. Bila pada tiga bulan pertama digunakan pil sama sekali tidak mempunyai keluhan seperti rasa mual, pusing atau nafsu makan bertambah, maka itu bukanlah hal yang luar biasa dan akan hilang. Bila sesudah waktu itu masih juga ada keluhan, maka hal ini menunjukkan bahwa wanita itu tidak mendapatkan pil yang cocok untuknya. Berdasarkan keluhan-keluhan itu dokter dapat menentukan pil mana yang lebih sesuai untuk wanita itu.

Keluhan pada waktu menggunakan pil tak perlu berasal dari pil. Bila misalnya, wanita itu di dalam hatinya tidak suka pil, maka bila ada keluhan maka cepat yang dipersalahkan pilnya. Padahal keluhannya itu mungkin mempunyai sebab lain. Disamping pengaruh pil yang tidak disukai ada juga akibat sampingan yang menguntungkan, yang agak sering tidak diperhatikan. Keluhan sebelum penggunaan pil, seperti rasa sakit pada waktu haid, kurang darah, jerawat dan gangguan badan beberapa hari sebelum haid (yang disebut pre menstrual syndrom) sebagian hilang atau sama sekali hilang dengan meminum pil itu. Malahan ada beberapa petunjuk, bahwa dengan penggunaan pil kemungkinan bengkak di payudara, indung telur dan rahim berkurang. Juga keluhan rematik jarang timbul.

62) MENGAPA PIL MEMBUAT SEORANG WANITA MENGELUH, SEDANG WANITA YANG LAIN TIDAK?

Dapat tidaknya wanita itu mendapat kesusahan karena pil antara lain tergantung pada banyaknya serta perbandingan hormon-hormon yang terkandung di dalam pil. Juga keseimbangan hormon wanita itu sendiri mempunyai peran yang penting. Soalnya ialah bahwa jumlah hormon yang dibuat di dalam indung telur pada wanita yang satu dengan wanita yang lain berbeda. Hal ini berlaku juga untuk perbandingan antara hormon-hormon dan kepekaan wanita terhadap hormon-hormon itu.

Akibat dari semua ini yang mungkin timbul ialah seorang wanita bereaksi lain terhadap pil yang satu daripada pil yang lain. Adakalanya dapat dikatakan sebelumnya, pada pil mana seorang wanita tertentu bereaksi baik, tetapi sering juga tidak. Umumnya dokter mengetahui dari pengalaman untuk memilih puil yang paling sedikit kemungkinan timbulnya keluhan.

63) APAKAH NORMAL MENJADI GEMUK AKIBAT PIL?

Penambahan berat badan barangkali merupakan keluhan yang paling banyak terdengar. Kira-kira tiga puluh persen dari pemakai pil melihat hal ini pada tiga bulan pertama. Rata-rata penambahan berat badan tidak lebih dari dua sampai tiga kilo. Setelah tiga bulan berat badan pada umumnya agak turun sedikit. Bila penambahan berat badan merupakan akibat normal pil (sebab lainnya sesungguhnya juga mungkin) , maka ini berkaitan dengan hormon oestrogen maupun progestagen.

Progestagen dapat menimbulkan nafsu makan dan dengan demikian membawa penambahan berat badan. Penambahan berat badan oleh oestrogen mungkin karena hormon ini dapat mengikat cairan ekstra ke dalam badan. Dalam hal ini sering pada waktu hari-hari ”istirahat pil” dapat dilihat sedikit penurunan berat. Bila nyata bahwa salah satu hormon-hormon itu bertanggung jawab terhadap (terlalu) banyaknya penambahan berat badan, maka setelah diperbincangkan dengan dokter, penggantian pil lain adakalanya bermanfaat. Terlampau dibesar-besarkan persoalannya kalau mengatakan, bahwa pil itu membuat wanita gemuk. Pernyataan diatas dapat juga ada benarnya untuk nama-nama pil yang dulu, yang mengandung takaran progestagen yang agak tinggi; tetapi untuk jenis-jenis pil dewasa ini keberatan ini jarang terjadi. Yang menyolok ialah bahwa keluhan ada kalanya diucapkan oleh wanita yang sebelum mulai dengan pil sudah mempunyai kesukaran untuk menjaga supaya berat badan tetap. Melontarkan semua kesalahan pada pil tentu saja tidak benar.

64) DAPATKAH PIL KB MENYEBABKAN MIGRAINE?

Tidak banyak wanita yang mendapat gangguan sakit kepala sebelah setelah menggunakan pil dibandingkan dengan waktu sebelum memakai pil. Terutama sakit kepala pada hari-hari yang mendahului haid sering berkurang atau hilang sama sekali setelah minum pil.

Hanya sekali-sekali terdapat keluhan sakit kepala sewaktu menggunakan pil pada wanita yang sebelumnya tak terganggu oleh itu. Umumnya hal itu juga hanya terjadi pada bulan-bulanpertama. Bila keluhan sakit kepala masih tetap ada setelah tiga bulan, maka oestrogen dari pil dapat menjadi sebabnya. Pil dengan daya progesteron sering memberi perbaikan. Bila sakit kepala hanya timbul pada hari-hari bebas pil (atau pada hari-hari harus minum pil kosong), maka hal ini disebabkan pil dengan daya progesteron yang kuat. Dalam hal ini penggantian dengan pil yang daya oestrogen agak lebih kuat sangat bermanfaat.

Pengaruh pil atas sakit kepala sebelah berbeda-beda, mungkin sakit kepala sebelah berkurang atau malahan hilang sama sekali. Tetapi mungkin juga selama menggunakan pil timbul sakit kepala sebelah pada wanita yang sebelumnya tidak mempunyai gangguan itu. Nasehat dokter harus selalu diminta. Dengan kombinasi pil takaran rendah kemungkinan menderita sakit kepala sebelah pada umumnya sedikit. Bila selama penggunaan pil tiba-tiba timbul sakit kepala yang luar biasa nyerinya, harus segera minta nasehat dokter. Sering ada alasan untuk berhenti minum pil dengan segera.

65) DENGAN PIL KB, BERKURANG ATAU MAKIN BERTAMBAHKAH RASA SAKIT DI PAYUDARA?

Keluhan rasa sakit di dalam payudara lebih sering hilang sewaktu manggunakan pil dibandingkan dengan yang timbul pada masa itu. Keluhan tentang payudara yang membesar dan sakit pada saat menjelang haid ada kalanya berkurang bila wanita itu minum pil. Akan tetapi dapat juga terjadi bahwa wanita selama minum pil pada hari-hari sebelum haid terganggu oleh rasa sakit di dalam payudara, sedangkan dulunya tidak pernah mendapat gangguan itu. Sedikit kelebihan oestrogen di dalam pil sering menjadi sebab dalam hal itu. Penggantian pil dengan daya progesteron yang agak kuat sering cepat menghilangkan keluhan itu.

66) APAKAH PIL MENYEBABKAN PAYUDARA MEMBESAR?

Sebagaimana selama kehamilan terjadi adakalanya sewaktu penggunaan pil payudara membesar. Pada payudara kecil pengaruh pil ini sangat kecil. Jadi tidak banyak artinya untuk menelan pil semata-mata untuk mendapatkan payudara yang lebih besar. Banyak wanita tidak senang bahwa payudara mereka membesar karena pengaruh pil. Karena pembesaran ini akibat dari hormon oestrogen, maka wanita-wanita ini tertolong dengan jenis pil yang progestagen-nya agak kuat.

67) DAPATKAH PIL MENYEBABKAN KANKER PAYUDARA?

Tidak pernah terbukti adanya suatu hubungan antara penggunaan pil dan lebih banyaknya timbul kanker payudara. Sebaliknya terdapat data yang menunjukkan bahwa kemungkinan tumbuhnya bengkak tak ganas dan mungkin juga bengkak ganas di dalam payudara sewaktu menggunakan pil, lebih kurang daripada sewaktu tidak minum pil. Pengaruh baik pil menurut penyelidikan akan tetap ada paling sedikit satu tahun sesudah berhenti menggunakannya.

Selain itu memang benar bahwa pembengkakan yang telah ada di dalam payudara karena minum pil bisa tumbuh cepat. Akan tetapi tidak terdapat pembengkakan yang justru menjadi lebih kecil. Oleh karena tidak dapat diramalkan sebebelumnya bagaimana pembengkakan akan bereaksi pada pil. Pada kebanyakan kasus penemuan pembengkakan di dalam payudara, dokter biasanya menasehatkan untuk berhenti minum pil.

68) APAKAH MUNGKIN PIL MENYEBABKAN MUAL, BAGAIMANA CARA MENGHILANGKANNYA?

Rasa mual merupakan keluhan yang banyak terdengar pada pemakai pil. Sering rasa mual itu hanya sedikit dan umumnya hanya timbul pada tiga bulan pertama. Kemungkinan paling kecil untuk menjadi mual akibat pil ialah bila ditelan sesudah makan malam atau dekat sebelum tidur. Sebenarnya dengan pil midi atau pil sub-50 rasa mual seperti itu hanya sedikit sekali terjadi.

Bila rasa mual setelah tiga bulan masih terjadi, ada baiknya untuk ganti pil. Sering lebih baik memakai pil dengan daya oestrogen yang lebih kecil. Kalau muntah, pengamatan menjadi keharusan. Sebab dengan demikian pil dapat kehilangan khasiatnya.

69) DAPATKAH PIL MENGAKIBATKAN TROMBOSE?

Pemakai pil lebih banyak resiko mendapat trombose (pembekuan pembuluh darah) daripada yang tidak minum pil. Tetapi resiko ini tidak terlalu besar. Kita harus menyadari bahwa kemungkinan mendapat trombose pada waktu hamil, bersalin, sesudah bersalin atau keguguran jauh lebih besar dibandingkan dengan penggunaan pil. Maka kemungkinan mendapat trombose, pada jangka waktu 4 sampai 8 tahun pemakaian pil, sama dengan satu kehamilan.

Bila karena pil terjadi trombose, maka hal ini kebanyakan terjadi di dalam salah satu tungkai. Tidak terdapat tes yang menunjukkan wanita mana yang mempunyai kemungkinan trombose bila menggunakan pil. Yang diketahui ialah bahwa resiko lebih besar pada umur lanjut, tetapi tidak tergantung pada lamanya pemakaian pil. Diketahui bahwa hormon oestrogen dalam pil mempunyai peran tertentu bagi timbulnya trombose. Oleh sebab itu merek-merek pil dewasa ini pada umumnya kurang mengandung hormon dibandingkan dengan pil-pil dulu. Wanita yang sebelumnya sudah pernah terkena trombose, mempunyai penyakit jantung yang berat atau penyakit darah tertentu seperti leukimia, mendapat resiko yang besar sekali untuk terkena trombose. Karena itu biasanya mereka tidak diharuskan minum pil.

Tanda-tanda yang menunjukkan dapat timbulnya trombose ialah misalnya rasa sakit, kejang, tungkai membengkak, tiba-tiba sakit kepala yang hebat atau rasa sakit dalam dada atau tiba-tiba berkurangnya penglihatan. Dalam keadaan ini harus secepat mungkin minta nasehat dokter.

70) APAKAH PIL MENAIKKAN TEKANAN DARAH?

Paling tinggi 5% dari wanita pemakai pil setelah beberapa tahun tekanan darahnya sedikit meninggi. Umumnya peninggian itu tidak berbahaya. Jarang naiknya sedemikian tinggi sehingga perlu diobati. Tetapi bagaimanapun juga penting sekali, bahwa pada setiap kontrol pil tekanan darah pemakai harus diperiksa. Oestrogen di dalam pil yang menyebabkan tekanan darah dalam waktu beberapa tahun bisa meninggal. Pil dengan daya oestrogen yang agak kurang akan mempunyai akibat sampingan yang sedikit pula. Oleh karena itu ada kalanya pindah ke pil semacam itu berfaedah. Juga mungkin terjadi karena dokter melihat tekanan darah itu, berpendapat lebih baik wanita itu berhenti minum pil. Tekanan darahnya dengan demikian hampir pasti akan turun ke tingkat aslinya.

71) BENARKAN WANITA DI ATAS 40 TAHUN LEBIH CENDERUNG MENDAPAT SERANGAN JANTUNG JIKA MINUM PIL?

Dari berbagai penyelidikan ternyata bahwa wanita pemakai pil yang berusia diatas 40 tahun dan yang merokok mendapat resiko yang jelas lebih besar mendapat serangan jantung daripada wanita dengan usia yang sama yang tidak menggunakan pil dan tidak juga merokok. Penggunaan pil saja ternyata jauh kurang pengaruhnya, berhenti merokok ternyata lebih penting daripada berhenti minum pil.

Disamping itu harus diingat bahwa resiko hamil untuk wanita di atas 40 tahun cukup besar. Wanita yang meninggal dunia sebagai akibat kehamilan pada usia di atas itu hampir dua kali lebih banyak daripada sebagai akibat serangan jantung. Bagaimanapun juga tidak ada salahnya kalau wanita diatas umur 30 tahun dan yang pasti tidak mau berhenti merokok, lebih baik mempertimbangkan metode perencanaan kelahiran lain seperti sterilisasi, spiral atau pil suntik.

Nasehat ini juga berlaku bagi wanita yang menanggung resiko ekstra menderita penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti wanita dengan tekanan darah terlalu tinggi, kadar lemak dalam darah terlalu tinggi atau berat badan terlalu banyak atau menderita penyakit gula.

72) APAKAH PIL MENYEBABKAN NODA HITAM DI SEKITAR MATA DAN DI DAHI?

Pada sejumlah wanita yang aselinya berkulit sawo matang pil dapat merangsang timbulnya pembentukan pigmen di dalam kulit. Terutama di atas pipi, di atas pelipis, di sekitar mata, di atas rahang bawah dan bibir atas, kulit berubah warna menjadi agak lebih tua warnanya. Oleh karena perubahan warna juga sekali waktu tampak pada wanita hamil, maka ini disebut ‘kedok kehamilan’.

Pembentukan pigmen ini tidak selalu dapat dicegah. Penggantian pil lain umumnya tidak memberi perbaikan. Karena gejala ini dapat bertambah di bawah cahaya matahari, maka dianjurkan menghindari cahaya matahari langsung. Kalau perlu supaya dipertimbangkan penghentian pil. Tetapi noda-noda ini tidak selalu dapat hilang sama sekali. Kalaupun dapat hilang, terjadinya lama sekali. Oleh karena itu beberapa dokter sulit memberikan resep Depigman supaya mendapat hasil yang lebih baik. Wanita yang selama kehamilan mendapat gangguan ’kedok kehamilan’ mempunyai kemungkinan besar terkena lagi oleh noda-noda bila ia kemudian menggunakan pil. Kalau hal ini tidak disukai, tidak ada jalan lain daripada memilih metode perencanaan kehamilan yang lain.

73) APAKAH PENGARUH PIL PADA JERAWAT?

Sebelumnya tidak dapat dijelaskan apakah pil mempunyai pengaruh pada jerawat yang telah ada. Sering jerawatnya berkurang, tetapi juga akan mungkin tumbuh lebih banyak. Malahan dapat terjadi seorang wanita yang tidak lagi terganggu acne (semacam jerawat) setelah memakai pil mendapat lagi jerawat remaja. Pada pertumbuhan acne, hormon-hormon kelamin berperan. Juga diketahui bahwa oestrogen dalam pil umumnya mengurangi jerawat; sebaliknya progesteron sering membuat acne–nya lebih parah. Hal ini tidak merupakan hukum Maydan dan Persia. Maka tidak ada cara lain selain menunggu bagaimana pengaruh pil terhadap acne itu. Hal yang sama sering juga berlaku bila berganti pil. Dalam hal ini di Jerman Barat terdapat pil yang selain sebagai alat pencegahan juga bekerja sebagai penyembuh acne. Di negeri Belanda ada pil yang bernama Diane yang dapat diperoleh dengan resep dokter.

74) APAKAH PIL MEMBUAT RAMBUT BERLEMAK?

Dalam satu hal mungkin cepat menjadi berlemaknya rambut ada hubungannya dengan pemakaian pil. Sering sebaliknya yang terjadi, sedangkan sebelumnya tidak dapat diramalkan bagaimana pengaruh pil dalam hal ini. Bila terjadinya pelepasan lemak yang lebih banyak dari kulit dan rambut memang ada hubungannya dengan pil, maka umumnya progestagen pil itu yang menyebabkannya. Namun apa ada faedahnya berganti pil, masih diragukan. Kita tidak tahu pasti apakah hal ini disebabkan oleh pil, dan juka anda memang merasa senang memakai pil itu, lebih sering cuci rambut merupakan pemecahan yang mudah. Tetapi terlalu sering mencuci rambut, dapat juga menyebabkan rambut lebih berlemak.

75) DAPATKAN PIL MENGAKIBATKAN PEMBULUH MEKAR?

Meskipun belum ada bukti yang meyakinkan, tetapi petunjuk-petunjukbahwa hanya pada hal-hal yang luar biasa dan hanya pada wanita yang peka untuk itu, pil dapat memudahkan terjadinya pembuluh mekar. Akan tetapi jelas hubungan antara pembuluh mekar dan kehamilan. Rasa lelah atau berat di dalam tungkai dapat menunjukkan terjadinya pembuluh mekar. Tentang penanganan yang tepat dokter dapat memberi nasehat. Wanita yang mempunyai gangguan pembuluh mekar pada umumnya diperkenankan minum pil. Yang terbaik bagi mereka ialah pil dengan kadar oestrogen dan progesteron terendah. Khususnya step-up pill akan dapat menyembuhkan sebaik-baiknya.

76) APAKAH KELUHAN PADA KAKI ADA HUBUNGANNYA DENGAN PIL?

Rasa berat dan kejang pada kaki merupakan keluhan yang sekali waktu dihubungkan dengan pemakaian pil. Akan tetapi hal ini sering tidak demikian, dokter dapat memberi keterangan dalam hal ini. Rasa berat dikaki dapat disebabkan kerja oestrogen dalam pil yang dayanya agak terlalu kuat. Hormon oestrogennya mungkin dapat menahan air di kaki atau karena aliran darah agak terhambat di kaki. Penggantian pil ada kalanya berfaedah; pada pil dengan takaran kombinasi rendah, keluhan-keluhan bagaimanapun sangat jarang terdengar. Kejang di kaki ada hubungannya dengan daya progestagen yang agak terlalu kuat dari pil untuk wanita yang peka terhadap itu. Penggantian pil dengan kerja oestrogen yang lebih besar bisa menghilangkan, setidak-tidaknya mengurangi keluhan.

77) DAPATKAH GANGGUAN PADA USUS DISEBABKAN OLEH PIL?

Sebagaimana dapat terjadi waktu hamil, sewaktu memakai pil dapat juga terjadi sembelit atau ada kalanya malahan kemacetan. Sebabnya karena pengaruh hormon progestagen atas usus besar, sehingga gerakan usus yang mendorong sisa-sisa makanan diperlambat. Apakah ada baiknya bagi pemakai pil, yang agak sering terganggu oleh gangguan ini untuk mengganti pilnya dengan yang mempunyai daya progestagen yang lebih kuat, hal ini masih diragukan. Karena sebagian besar dari kasus-kasus kemacetan itu, bukan disebabkan oleh pil. Sebabnya terletak di bidang lain, misalnya kebiasaan makan yang keliru atau karena kurang gerak badan yang menahun. Dimana letak sebabnya dokter dapat mengatakan.

78) KALAU ADA GANGGUAN PENGELUARAN CAIRAN, APAKAH ITU KARENA PIL?

Bahwa sewaktu-waktu keluar cairan dari liang senggama, hampir terjadi pada setiap wanita. Ini normal sekali, tidak perlu risau adanya infeksi dan tidak perlu diobati. Bertambah banyaknya pengeluaran ada hubungannya dengan pemakaian pil. Dalam hal ini bukan juga sebab dari infeksi. Sebabnya ialah hormon oestrogen pil itu merangsang produksi cairan melalui dinding liang senggama.

Masih merupakan suatu pertanyaan, apakah banyak faedahnya mengganti pil bila mendapat banyak gangguan dari pil ini. Dengan merundingkan hal ini dengan dokter pasti lebih baik. Tetapi yang lebih baik lagi ialah mengurangi gangguan dengan penggunaan inlegkruisjes (semacam cawat) khusus yang kebersihan dan kesehatannya terjamin. Setiap rangsangan pada liang senggama sedapat mungkin harus dihindari, maka pemakaian sabun berparfum, spray dan sebagainya dengan demikian sangat tidak diperkenankan.

79) APAKAH KEBUTUHAN BERSENGGAMA LEBIH BESAR ATAU JUSTRU BERKURANG KALAU MEMAKAI PIL?

Hanya sedikit wanita pemakai pil (kira-kira 5 %) yang berkurang kebutuhan seksnya. Hal ini tidak ada hubungannya dengan hormon pil itu sendiri. Sebenarnya hanya sikap terhadap seksualitas. Misalnya ada wanita yang kurang senang bercumbu-cumbuan karena tanpa disadari mereka merasa dirinya kurang sebagai wanita setelah tidak dapat hamil lagi. Bila berkurangnya kebutuhan seksual dipersalahkan pada hormon pil, maka hormon progestagen barangkali yang memegang peranan terbesar dalam hal ini. Untuk itu dapat diusahakan pil dengan lebih banyak oestrogen, meskipun sukses penggunaannya pada umumnya agak mengecewakan. Karena pil itu kebutuhan bersenggama juga dapat diperbesar. Ini terjadi pada 30% pemakai pil. Hilangnya ketakutan adanya kemungkinan hamil berakibat baik.

80) BENARKAH PEMAKAIAN PIL MEMPERCEPAT TIMBULNYA GEJALA KETUAAN?

Pada akhir tahun ke 60-an terjadi kegelisahan adanya berita-berita bahwa pil menimbulkan gejala menua lebih cepat. Dikatakan bahwa karena pengaruh pil di dalam tubuh akan timbul kekurangan akan apa yang dikatakan dengan hormon oestrogen. Sebagai akibat akan timbul gejala, yang biasanya muncul pada masa peralihan, bila secara alamiah oestrogen yang dibentuk oleh tubuh mengurang. Berita ini sudah sejak lama diralat. Sudah menjadi satu kenyataan yang jelas bahwa pil tidak menimbulkan gejala penuaan lebih cepat. Bahwa pil dapat memperlambat atau menahan proses penuaan juga tidak benar.


<< to be continue >>

Note :
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 1) --- Ada DISINI ---
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 2) --- Ada DISINI ---
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 3) --- Ada DISINI ---

0 komentar:

Posting Komentar