Rabu, 25 April 2012

99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 2)

Google.com

Note :
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 1) --- Ada DISINI ---



<< Lanjutan >>

21) KAPAN TEPATNYA ANDA BOLEH MINUM PIL YANG PERTAMA?

Ini bertalian erat dengan nama pil itu. Oleh sebab itu sangat penting untuk sebelumnya membaca betul-betul aturan pakainya. Pil kombinasi langsung saja aman. Bila anda pada hari pertama haid mulai dengan pil pertama yang mengandung hormon itu. Pada bulan yang pertama memang ada kemungkinan terjadinya pengeluaran darah di waktu yang selang. Jika pil pertama yang mengandung hormon dari pil kombinasi itu tidak diminum tepat pada hari pertama haid, maka seri pertama belum sepenuhnya dapat diandalkan. Dalam hal ini dianjurkan untuk masa itu memakai obat pencegah lain. Pada pil dua tahap dan pil mini anda selalu diharuskan meminum pil pertama pada hari pertama haid. Ini tidak akan mendatangkan kesulitan karena kedua jenis itu tidak berisi “pil kosong”. Pil jenis-jenis ini tidak begitu saja dapat diandalkan. Selama memakai kemasan yang pertama masih harus ditambah pula alat pencegah lain yang baik.

22) KAPAN SAAT YANG BAIK UNTUK MINUM PIL, APAKAH PIL BOLEH DIKUNYAH?

Ditinjau dari segi terpercayanya jenis pil itu, sama saja pada saat manapun dalam zaherí pil itu diminuí. Memang ada faedahnya slalu minum pil pada saat yang sama. Ini mengurangi kemungkinan lupa. Banyak wanita menganggap saat yang mudah diingat adalah pagi sesudah gosok gigi atau malam sebelum tidur. Waktu antara dua pil pada umumnya tidak boleh lebih dari tiga puluh jam. Oleh sebab itu pada waktu minum pil jangan sampai terpaut lebih dari enam jam dari waktu yang kemarin. Pada pil mini lebih penting lagi untuk membiasakan diri pada waktu-waktu yang tetap. Waktu ini tidak boleh terpaut lebih dari dua jam. Jadi berarti bahwa di saat-saat antara dua pil mini berjarak paling banyak dua puluh enam jam. Bagi semua pil palingbaik diminum dengan beberapa teguk air atau cairan lainnya. Tidak boleh dikunyah, dapat mengurangi kemanjurannya.

23) APAKAH SERI PERTAMA PIL ITU DAPAT SEPENUHNYA DIANDALKAN?

Hanya pil kmbinasilah yang sejak semula sudah dapat diandalkan. Jadi pemakaiannya pada hari pertama haid sudah minum pil pertama dari seri pil yang mengandung hormon dalam kemasan itu. Kemasan dengan dua puluh, dua puluh satu atau dua puluh dua pil yang semuanya berhormon aktif. Pada kemasan dengan dua puluh delapan pil yang mengadung hormon merupakan seri terbesar dari warna tertentu. Seri terkecil terdiri dari ”pil kosong” jadi tidak mengandung hormon, dan berwarna lain.

Jika pil yang mengandung hormon tidak dimulai dari hari yang pertama haid tetapi sehari atau lebih kemudian, maka pil selama empat belas hari yang pertama tidak aman. Selama waktu itu masih harus ditambah juga minum obat pencegah lainnya yang baik. Baik pada pil dua tahap maupun pil mini berlaku bahwa seluruh periode pertama belum aman, dalam masa ini harus ada juga alat pencegah lain yang baik.

Mencegah sesuatu kekacauan memang lebih aman selama seluruh seri pertama dari jenis atau nama ”pil telan” apa saja untuk selalu minum obat pencegah lainnya yang baik sebagai tambahan. Dengan demikian tidak akan terjadi kegagalan.

24) MENGAPA PADA BEBERAPA PIL ANDA HARUS BERHENTI BEBERAPA HARI DI ANTARA DUA KEMASAN DAN APAKAH AMAN?

Ketika pil itu semula muncul di pasaran, orang mengira bahwa obat pencegah kehamilan yang baru ini akan lebih dapat diterima jika setiap empat minggu sekali haid muncul. Selainitu hal ini memberi bukti pada wanita, bahwa mereka benar-benar tidak menjadi hamil. Jadi suatu istirahat untuk memberi rasa aman. Agar haid terjadi sekali dalam empat minggu, diadakan skema takaran selama tiga minggu minum pil dan seminggu istirahat. Apakah jumlah dari istirahat itu berubah dari enam menjadi delapan tidak menjadi soal. Pada nama-nama pil tertentu, dapat diatasi dengan jalan lain; hari-hari istirahat diganti dengan hari-hari munum pil tanpa hormon (berwarna lain), pil-pil tanpa daya pencegahan. Hal ini untuk memudahkan supaya tidak terlepas dari kebiasaan minum pil, tetapi dalam skema haid tidak ada artinya. Dipandang dari sudut kedokteran pada umumnya tidak banyak keberatanuntuk membuat haid datang bukan empat minggu sekali tetapi misalnya enam minggu sekali. Sekali dalam tiga bulan bahkan sering juga tidak ada keberatannya. Dengan satu pil kombinasi hal ini sering kali mudah dilakukan. Bagaimanapun juga semua hari instirahat aman. Ini berlaku untuk hari-hari yang disertai atau yang tidak disertai kehilangan darah.

25) DAPATKAH ANDA MENGUBAH DATANGNYA HAID PADA SAAT YANG TIDAK DIKEHENDAKI DENGAN MINUM PIL?

Denga pil mini haid tidak dapat diubah waktunya. Demikian juga dengan pil suntil. Hanya dengan pil kombinasi dan pil dua tahap haid dapat diubah waktunya. Misalnya haid tidak perlu terjadi pada akhir minggu, sesuatu yang tidak begitu disukai oleh banyak wanita. Pil-pil Neocon, Pregnon-28 dan Neogynon-28 sudah tersusun sedemikian sehingga haid hampir tidak pernah datang pada akhir minggu. Jika orang mulai dengan pil pertama dari Ovulen 50 – 28 pada hari Minggu, maka haid tidak akan datang pada akhir minggu. Biarpun dengan keempat merek ini dapat saja haid diubah waktunya untuk satu kali atau untuk waktu yang lebih lama, namun soal ini sangat pelik sehingga memerlukan pertimbangan dokter.

Dengan pil-pil yang memakai hari istirahat (kecuali Neocon) anda dapat menubah sendiri waktu haid. Biasanya berlaku nasehat supaya penundaan haid itu tidak lebih dari tujuh hari tanpa meminta nasehat seorang dokter. Untuk menunda, anda selalu memerlukan sebuah kemasan cadangan. Bagaimana cara yang tepat? Sebaiknya hitung dulu berapa hari lebih lambat dari normalnya haid ’boleh’ datang. Dalam menghitung yang menjadi soal adalah hari pertama haid. Setelah minum habis satu kemasan langsung saja mulai dengan pil dari kemasan cadangan, dan lagi jumlah harinya harus sama dengan jumlah hari penundaan hari pertama haid. Sesudah itu baru memperhatikan masa istirahat yang biasa dan seperti biasanya mulai dengan kemasan yang baru. Untuk membuat akhir minggu yang bebas dari haid, sesudah habis satu kemasan harus terus minum pil dari kemasan cadangan sampai dengan hari Sabtu. Dengan begitu haid kebanyakan mulai pada hari Senin.

Kalau anda ingin haid datang beberapa hari lebih dini dari hari biasa, ini mudah juga diatur dengan pil. Bahkan ini lebih sederhana dari pada menunda datangnya haid beberapa hari. Setidak-tidaknya kalau anda memakai pil yang mempunyai hari istirahat, satu-satunya yang anda harus lakukan ialah lebih dini berhenti minum pil sebanyak hari yang anda inginkan datangnya haid yang lebih dini. Sesudah masa istirahat yang ditentukan, mulai lagi dengan kemasan baru. Ini semua hanya mungkin dengan pil yang mempunyai hari istirahat. Disini masih terkrcuali pil Neocon, untuk pil itu harus minta nasehat dokter kalau mau mengubah waktu haid. Aturan ini juga berlaku bagi semua pil yang tidak memakai waktu istirahat. Perlu diperhatikan baik-baik pil-pil Ovanon, Fysioquens, Binordiol dan Sequilar. Untuk mengubah waktu haid dengan pil-pil ini hanya dapat dipakai mulai deretan paling bawah dan kemasan cadangan.

26) DAPATKAH PIL DIPAKAI UNTUK MENIADAKAN HAID DALAM BEBERAPA BULAN?

Ya, dapat saja. Dilihat dari sudut kedokteran tidak banyak keberatan terhadap hal itu. Hanya saja tidak semua pil dapat memberi hasil. Satu pengecualian adalah ’pil suntik’, dengan cara itu selang beberapa waktu haid hilang dengan sendirinya.
Di Inggris telah diperiksa apa pengaruhnya bila minum pil terus menerus sekian lama hingga haid hanya datang tiga bulan sekali. Sembilan puluh persen dari kaum wanita yang ikut dalam percobaan selama setahun merasa senang bahwa mereka tidak lagi haid setiap bulan. Pil yang diperiksa di Inggris itu susunannya sama persis dengan pil Lyndiol yang terdapat di negara kita.
Agar haid datang sekali dalam tiga bulan dengan pil ini, harus minum pil setiap hari selama dua setengah bulan, persisnya dua belas minggu, kemudian enam hari tidak minum. Minum pil dengan cara ini ada buruknya, pada beberapa wanita berat badannya bertambah hampir dua kilo. Juga ada kemungkinanbahwa pada tiga bulan pertama terjadi kehilangan darah secara tidak tetap. Wanita yang memakai Lydiol tentu lebih bijaksana jika tidak minum pil seenaknya saja dua belas minggu berturut-turut. Sebaiknya minta pertimbangan dokter sebelumnya. Juga wanita-wanita lain yang melihat sesuatu faedah pada’pil tiga bulan’ dapat membicarakannya dengan dokter.

27) APA YANG TERJADI JIKA ANDA TIDAK HAID, APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN?

Jika pada waktu memakai ’pil telan’ haid tidak datang, ini dapat menunjukkan kehamilan. Ketika pada masa telan yang terakhir anda kelupaan satu pil atau lebih. Atau bila anda ketika itu sakit atau muntah-muntah atau diare, perlu perhatian anda. Ini berarti secepat mngkin pergi ke dokter dan tidak mulai dengan kemasan baru selama dokter belum memastikan tidak adanya kehamilan.

Jika tidak ada kesalahan dalam minum pil dan tidak terjadi gangguan-gangguan seperti muntah, diare dan sebagainya, maka kehamilan praktis tidak ada. Dengan demikian biasa saja dapat diteruskan dengan jadwal yang berikutnya. Jika sesudah masa ini tidak datang haid juga, maka nasehat dokter harus diminta. Mungkin ada baiknya berganti minum pil yang lain. Sering kali tidak datangnya haid menunjukkan adanya terlalu banyak progesteron. Dengan pil yang mengandung banyak oestrogen, haid akan datang juga. Tidak datangnya haid itu sendiri mungkin tidak menjadi soal.

Bagaimanapun juga tidak pernah terjadi bahwa di dalam rahim menumpuk zat-zat buangan seperti yang disangka orang. Pada pil mini sering terjadi bahwa haid selama waktu dua kemasan yang pertama datang terlalu dini atau lambat. Penyimpangan ini biasanya bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya. Jika haid tidak datang lebih dari emat minggu pada waktu minum pil mini, pertimbangan dokter harus diminta. Untuk mendapatkan kepastian sejak dua minggu sudah harus diminta nasehat dokter, jika ada kemungkinan terjadinya kehamilan. Ini harus diperhitungkan jika pil mini tidak diminum tepat pada waktunya atau bahkan kelupaan atau sesuatu muntah atau diare.

28) APA PENGARUH PIL PADA HAID DAN RASA SAKIT YANG SERING MENERTAINYA?

Baik pil kombinasi maupun pil dua tahap mempunyai pengaruh besar pada haid. Sebenarnya bisa memakai jenis-jenis pil ini haid yang sesungguhnya tidak datang. Soalnya adalah pelepasan darah. Karena pil itu menjaga agar tidak ada telur dalam indung telur yang menjadi matang, bagian dalam atau juga selaput berlendir rahim menjadi tidak siap untuk menerima telur yang mungkin dibuahi. Maka selaput berlendir seolah-olah menjadi kurang tebal daripada keadaan normal, akibatnya kehilangan darah juga menjadi berkurang. Pendarahan umumnya mulai pada hari kedua atau ketiga setelah minum pil terakhir yang mengandung hormon dan kebanyakan berlangsung tiga sampai empat hari.

Selama minum pil waktu haid biasanya lebih pendek dan kehilangan darah lebih sedikit daripada tanpa pil. Juga rasa sakit yang mungkin timbul waktu haid hilang dengan minum pil atau banyak berkurang. Bahkan kadang-kadang dikatakan bahwa kehilangan darah berlangsung sangat singkat dan sedikit. Sering ini menunjukkan bahwa pil itu bagi pemakainya terlalu banyak mengandung progesteron atau terlalu sedikit oestrogen. Jika pendarahan karena minum pil menjadi lebih parah, maka sebabnya terletak pada terlalu banyaknya oestrogen atau terlalu sedikit progesteron.

Dengan pertolongan pil-pil lain masalah haid semacam ini hampir selalu dapat tertolong dengan cepat. Pil mini pada umumnya membawa perubahan haid yang jauh lebih sedikit. Lebih dari separuh kaum wanita kematangan telur dan siklus haid berjalan terus secara normal. Memang dapat terjadi, dengan pil mini pada bulan-bulan pertama haid datangnya agak lebih dini atau terlambat dari biasanya. Kebanyakan ini menunjukkan kematangan telur memang diperlambat. Haid tidak teratur ini sering bersifat sementara.

29) APAKAH WAJAR KEHILANGAN DARAH DI ANTARA DUA SAAT PENGGUNAAN PIL?

Selama beberapa bulan pertama memakai pil, dapat terjadi pendarahan ringan pada saat-saat yang tidak tetap. Ini disebut spotting atau ’noda-noda’. Pada umumnya keluar pada minggu terakhir penggunaan satu kemasan. Terutama pada pil yang disebut ‘pil sub-50’ atau juga ‘pil midi’ kadang-kadang masih sempat terjadi. Kehilangan darah ini adalah gejala sementara. Badan masih harus membiasakan diri padaperimbangan hormon yang berubah. Setelah beberapa bulan, kehilangan darah itu akan berhenti dengan sendirinya. Kalau ini tidak terjadi, mungkin perlu ganti pil.

Dalam banyak kasus dianjurkan satu jenis pil dengan agak lebih banyak progesteron. Jika sudah terjadi kehilangan darah ringan pada bulan pertama ketika baru menghabiskan separuh kemasan, maka bagi pemakai, pil itu terlalu banyak mengandung progesteron. Keliru kalau pada sementara pendarahan lalu segera berhenti minum pil. Nasehat satu-satunya yang benar adalah dengan tenang membiarkan badan membiasakan diri pada pil selama tiga bulan. Jika terjadi kehilangan darah, sebaiknya sesudah itu terus minum pil, tetapi perlu minta nasehat dokter.

Jika terjadi pendarahan sedikit diantara dua kemasan pada wanita yang sebelumnya tidak pernah mengalami kejadian demikian, ini sering disebabkan karena terlalu sedikit hormon pil yang diserap ke dalam darah. Sebab-sebabnya kebanyaka adalah waktu yang kurang teratur dalam minum pil (lupa), muntah-muntah atau diare. Nasehatnya: teruskan minum pil sesuai skema. Obat-obatan tertentu dapat juga mempengaruhi bekerjanya pil sedemikian rupa, sehingga terjadi pendarahan di waktu selang. Jika ini persoalannya maka dokter harus diminta nasehat. Kalau kehilangan darah diantara dua kemasan tidak ringan tetapi seperti haid biasa, disini nasehat dokter diperlukan. Pendarahan semacam itu disebut ’pendarahan kebobolan’.


30) APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA TERLUPA MINUM PIL SATU KALI?

Karena pil hanya dapat diandalkan sepenuhnya jika diminum secara tertib, maka kalau lupa meminumnya harus selalu memperhatikan kemungkinan kehamilan. Hanya kalau lupa minum pil ’kosong’ kemungkinan itu tidak ada. Betapa besar kemungkinan kehamilan kalau lupa minum pil, tergantung pada lamanya waktu tidak minum pil, pada jenis pil, dan apakah pil itu permulaan atau akhir dari satu kemasan. Terjadinya senggama mestinya pada hari kelupaan minum pil atau dalam tiga hari sebelumnya. Pada pil kombinasi dan pil dua-tahap berlaku petunjuk-petunjuk sebagai berikut:

  1. Bila tidak lebih dari dua belas jam berlalu setelah waktunya harus minum pil (berarti dalam tiga puluh enam jam sesudah minum pil terakhir), maka pil yang lupa diminum masih juga dapat diminum. Pil-pil yang berikutnya diminum pada waktu yang biasa lagi. Dengan demikian kemanjuran pil tetap terjamin.
  2. Bila pil lupa diminum lebih dari dua belas jam tapi tidak lebih dari dua puluh empat jam dalam hal ini segera saja minum pil yang kelupaan itu. Pada hari yang sama disaat yang biasa minum lagi pil untuk hari itu. Pil dapat hilang kemanjurannya bilapil yang kelupaan itu termasuk dalam tujuh belas pil yang pertama dari kemasan. Hanya dalam keadaan ini perlu memakai alat pencegah ekstra selama sepuluh hari.
  3. Jika yang lupa diminum pil yang ’kosong’ tidak perlu diambil tindakan ekstra. Pil yang berikutnya saja diteruskan. ’Kosong’ yang kelupaan boleh dilampaui. Berhubung pil mini lebih berpengaruh daripada pil kombinasi dan pil dua tahap, maka kelupaan minum pil mini sering menimbulkan persoalan. Dua masalah yang sering terjadi pada pil mini adalah: kelupaan pil lebih dari tiga jam tapi kurang dari dua belas jam. Apa yang harus dikerjakan? Segera saja minum pil yang kelupaan dan pada saat biasanya minum lagi satu. Perlu juga sepuluh hari memakai alat pencegah ekstra. Jika kelupaan minum pil mini berlangsung lebih dari dua belas jam dan terjadi senggama pada hari itu atau pada salah satu dari tiga hari sebelumnya, maka harus secepat mungkin menanyakan kepada dokter apakah perlu minum morning after pil. Tapi kalau pada hari-hari itu tidak terjadi senggama, maka tindakan yang harus diambil sama yang tertera pada point c. Bagian pertama.

31) APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA LUPA MINUM PIL LEBIH DARI SEHARI?

Jika kelupaan dua pil berturut-turut, terjadi kemungkinan berikut ini:

a. Jika pil yang kelupaan termasuk dalam tujuh belas pil yang pertama dari kemasan dan telah terjadi senggama pada hari kelupaan minum pil atau pada tiga hari sebelumnya, maka pembuahan bukannya tidak mungkin. Satu-satunya nasehat, secepat mungkin pergi ke dokter menanyakan apakah perlu minum morning-after pil. Dokter juga dapat memberi tahu apa yang harus dilakukan dengan kemasan yang masih ada.

b. Pil yang kelupaan termasuk tujuh belas pertama dari serinya, tetapi pada hari-hari itu tidak dilakkan senggama. Pada waktu ingat segera minum pil dan pada saat yang biasa minum lagi terus. Dalam hal ini perlu juga memakai alat pencegah lainnya selama sepuluh hari.

c. Jika pil yang kelupaan termasuk empat terakhir, jadi pil yang mengandung hormon dari satu kemasan, maka seri yang selebihnya tidak perlu diminum lagi. Kehamilan tidak mungkin terjadi. Bisa jadi haid datang lebih dini dari biasanya. Harus minta pertimbangan dokter, kapan dapat dimulai dengan kemasan baru.

32) BOLEHKAH PADA SATU HARI MINUM PIL EKSTRA KALAU ANDA KHAWATIR AKAN LUPA MINUM ESOK HARINYA?

Tidak, itu tidak boleh. Ini akan membuat pil sangat tidak diandalkan. Pil itu hanya merupakan pencegah yang aman bila anda meminumnya setiap hari menurut aturan. Satu hari tidak minum pil selalu dihitung sebagai hari kelupaan. Juga kalau anda satu hari sebelumnya minum pil ekstra.

33) APAKAH AKIBATNYA KALAU ANDA PADA SATU HARI TANPA DISENGAJA DUA KALI MINUM PIL?

Soal itu sendiri tidak berpengaruh jelek pada kesehatan. Kemungkinan yang demikian pada kebanyakan pil juga sangat kecil. Keterangan hari pemakaian yang tertulis pada hampir semua nama pil, cepat mengingatkan sudahkah anda minum pil atau belum. Kalau anda tanpa sengaja minum pil dua kali sehari, bagaimanapun juga ini tidak akan dihitung untuk hari berikutnya. Jadi hari esoknya juga minum lagi. Untuk menghindari kekacauan, paling baik diambil dari tempat yang sama dari kemasan cadangan. Dengan cara demikian skemanya akan cocok lagi. Hanya kalau kemasan dari dua puluh delapan pil dan pada suatu hari tanpa sengaja minum tablet kedua yang ’kosong’, maka hari esoknya tidak perlu minum pil lagi. Hari berikutnya diteruskan lagi menurut skema.

34) APAKAH BERAKIBAT BURUK KALAU ANDA MEMULAI KEMASAN BARU TERLALU DINI ATAU LAMBAT SEHARI?

Sehari lebih dini mulai, tidak mengurangi kemampuan pil. Yang akan terjadi adalah datang bulan lebih cepat sehari dari biasa. Kalau ini tidak diharapkan, maka tidak ada keberatan untuk pada akhir seri satu kemasan minum satu pil ekstra lagi dari kemasan cadangan. Jika strip baru dimulai terlambat satu sampai empat hari, maka pil yang kelupaan boleh tetap dalam kemasan. Strip selebihnya harus terus diminum seperti biasa. Yang perlu dalam kemasan itu selama empat belas hari yang pertama ialah memakai alat pencegah ekstra sebagai tindakan tambahan.

35) APAKAH BERBAHAYA MENIADAKAN HARI-HARI ISTIRAHAT DI ANTARA DUA KEMASAN?

Pada kebanyakan pil yang memakai hari istirahat, maka tidak ada halangannya jika hari istirahat itu terlewatkan, jadi tanpa terputus beranjak dari satu strip ke lainnya. Hanya akibatnya, haid datang baru pada minggu yang ke-enam. Disamping itu kadang-kadang terjadi pendarahan yang sangat menyimpang di waktu antara dua kemasan. Pada pil Ovanon, Fysioquens, Binordiol dan Sequilar, di samping hal-hal di atas, hari-hari istirahatnya harus persis diperhatikan.

36) APAKAH ADA GUNANYA KALAU PINJAM SEMINGGU DARI SESEORANG?

Untuk begitu saja minum pil selama seminggu tidak berakibat buruk. Tetapi sama sekali tak berguna. Demikian juga kalau hanya minum satu pil sebelum senggama. Sangatlah penting untuk benar-benar memperhatikan bahwa pil itu hanya dapat diandalkan bekerjanya, kalau diminum secara teratur menurut petunjuk.

37) PERLUKAN KADANG-KADANG BERHENTI SEBENTAR?

Untuk mengontrol apakah siklus haid masih berjalan normal, dulu dianjurkan agar setelah masa tertentu, berhenti sebentar minum pil. Kini pendapat umum mengatakan tidak perlu, bahkan jangan dilakukan. Sebabnya tidak hanya selama masa berhenti semacam itu orang harus minum obat pencegah lainnya – yang kurang dapat diandalkan – tetapi juga karena sesudah beberapa bulan mulai minum pil lagi, badan harus menyesuaikan diri kembali pada pil itu. Keluhan yang timbul dalam tiga bulan yang pertama, dapat kembali lagi.

Pengalaman telah mengajarkan bahwa untuk mendatangkan haid secara spontan, tidak penting apakah sebelumnya pil dipakai hanya sebentar atau lama sekali secara berturut-turut. (lihat pertanyaan 46).

38) BERAPA TAHUN BERTURUT-TURUT ANDA BOLEH MINUM PIL?

Jika pil tidak menimbulkan keluhan, berapa tahun pun tidak ada alasan untuk menghentikannya. Pemakaian pil dalam jangka panjang sudah pasti tidak merugikan badan. Namun yang penting adalah kontrol teratur oleh dokter. Dibanding dengan dulu, sekarang banyak pil yang hanya mengandung hormon sedikit. Dengan pil-pil yang baru ini pengaruh yang merugikan pada jangka yang lebih panjang juga sangat berkurang daripada dulu. Para wanita yang berusia di atas tiga puluh dan merokok lebih bijaksana kalau mempertimbangkan cara pencegahan dengan spiral atau pil suntik sebagai cara untuk mengatur kelahiran (atau harus menghentikan merokok). Ini disebabkan karena kalau memakai pil, dalam jangka panjang kemungkinan lebih besar mereka mendapat penyakit jantung atau penyakit pembuluh.

39) BIJAKSANAKAH BERHENTI MINUM PIL KALAU ANDA AKAN DIOPERASI?

Sejumlah dokter di negeri Belanda menasehatkan agar sejak enam minggu sebelum operasi sudah tidak minum pil. Apakah ini perlu, disangsikan oleh dokter-dokter lainnya. Lagipula nasehat itu sulit dilakukan dalam praktek, karena kebanyakan pasien baru mendengar kapan operasi akan diadakan hanya beberapa hari sebelumnya. Alasan menghentikan karena pil itu membuka kemungkinan lebih besar untuk trombose sesudah operasi. Hanya dua diantara seratus ribu wanita yang dioperasi mengalami hal ini.

Tinggalah persoalan, apakah kemungkinan kecil ini dapat mengimbangi bahaya kemungkinan kehamilan jika berhenti minum pil. Di samping itu kemungkinan trombose selama dan setelah operasi dapat diperkecil dengan obat-obatan, juga bila minum pil diteruskan.

Kalau dokter yang menangani berpendapat lebih baik menghentikan pil sebelum operasi, maka nasehat itu perlu dituruti. Dalam keadaan itu mestinya akan diusahakan obat pencegah lainnya yang baik. Demikian juga tentunya kalau wanita itu dengan kemauan sendiri mau menghentikan pil sebelum operasi.

40) KAPAN WAKTU YANG TEPAT KALAU ANDA MAU ATAU HARUS BERHENTI MINUM PIL?

Dapat saja menghentikan minum pil pada setiap saat, tetapi ini tidak dianjurkan, karena sering mendatangkan pendarahan yang tidak teratur. Saat yang paling baik untuk berhenti minum pil ialah ketika satu kemasan itu habis. Pendarahan yang tak teraur dengan demikian tidak akan terjadi. Sesudah berhenti minum pil wanita itu atau pasangannya harus segera beralih ke alat pencegah lainnya yang baik. Hal ini juga berlaku kalau kehamilan memang diharapkan.


<< to be continue >>

Note :
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 1) --- Ada DISINI ---

0 komentar:

Posting Komentar