Senin, 30 April 2012

99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 3)

Google.com
Note :
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 1) --- Ada DISINI ---
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 2) --- Ada DISINI ---


<< Lanjutan >>


41) KAPAN DAPAT BERHENTI MINUM PIL PADA SAAT-SAAT MASA PERALIHAN KE MATI HAID?

Karena pil itu setiap bulan menimbulkan haid secara buatan, tidak mudah untuk mengetahui kapan masa peralihan itu mulai dan kapan dapat berhenti minum pil (di mana tidak ada resiko lagi untuk menjadi hamil). Oleh karena wanita Belanda rata-rata minum pil terakhir pada sekitar usia lima puluh satu tahun dapat saja pada waktu itu berhenti minum pil. Ia bisa mengawasi apakah haid masih datang atau sudah tidak ada lagi. Sesudah berhenti minumpil harus segera diusahakan alat pencegah lain yang baik. Kalau haid tetap datang, pil dapat diminum lagi selama setahun. Sesudah itu dapat lagi diperiksa apakah haid sekarang sudah tidak datang lagi.
Ketidak suburan yang pasti pada masa peralihan ke mati haid baru dapat ditetapkan, kalau haid paling sedikit setahun tidak datang lagi. Jika saat itu masih juga perlu alat pencegahan yang baik.

42) DAPATKAH BERGANTI DARI PIL SATU KE PIL LAINNYA TANPA RESIKO HAMIL?

Ya, hal itu hampir selalu mungkin. Hari mulainya kemasan dari pil baru, dapat berlainan dengan pil yang lama. Kecuali harus minta nasehat dokter, baiknya diperhatikan dengan seksama aturan pakai pil baru. Ganti pil karena pengaruh sampingan dalam jangka waktu tiga bulan pada umumnya tidak ada gunanya. Badan memerlukan waktu itu untuk membiasakan diri, dan keluhan dalam masa itu akan hilang dengan sendirinya. Kalau keluhan tetap ada selama lebih dari tiga bulan barulah ada artinya memakai pil dengan susunan lain. Waktu perpindahan dari pil yang tinggi dosisnya ke pil yang lebih rendah dosisnya harus diperhitungkan bahwa dalam bulan-bulan pertama akan terjadi pendarahan sedikit di waktu selang. Lebih-lebih kalau anda selama beberapa kemasan pertama dari pil yang dulu juga sudah mengalami gangguan itu, maka dengan pil baru pun hal itu mungkin terjadi. Setelah beberapa bulan keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.

43) DAPATKAN DENGAN BEBAS MENGGUNAKAN PIL DARI BERBAGAI MEREK SECARA BERGANTIAN?

Karena banyak pil yang satu sama lain agak perbeda susunannya, tidak bijaksanya untuk semaunya sendiri berganti-ganti minum pil dari dua merek secara sembarangan. Bila pada suatu hari anda pergi dan tidak membawa pil, anda dapat memilih antara tidak minum pil atau meminjam dari kenalan. Lebih baik meminjam dan pil yang dipinjam itu harus mengandung hormon, jadi bukan yang kosong. Kalau yang diminum itu pil mini (Exleton) tidak akan ada manfaatnya. Jika anda sendiri selalu memakai pil mini anda tidak dapat pinjam pil lain.

44) APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN KALAU MUNTAH SETELAH MINUM PIL?

Kalau muntahnya terjadi tiga jam setelah minum pil, terdapat kemungkinan pil juga ikut dimuntahkan. Karena itu anda harus minum pil lagi. Yang paling baik ini diambil dari tempat yang serupa dari kemasan cadangan. Apabila tidak ada kemasan cadangan, cukup minum pil berikutnya dari kemasan itu. Akibatnya semua pil berikutnya harus diminum satu hari lebih dini. Jika waktu antara muntah dan minum pil lebih lebih dari tiga jam, maka pil itu masih dapat diandalkan. Kalau yang hilang pil kosong, tidak akan terjadi apa-apa. Pil semacam itu tidak perlu diminum secara ekstra.

Kalau pil yang diminum sesudah muntah dimuntahkan lagi dalam tiga jam, pil baru lagi harus diminum. Kalau ada kemasan cadangan hal itu tidak sulit, tetapi kalau tidak ada minum pil berikutnya biarpun menurut skema untuk hari-hari berikutnya lalu menjadi dua hari lebih dini. Supaya skema teratur lagi harus diminta pertimbangan dokter.

45) APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN KALAU SELAMA MINUM PIL TERGANGGU ?

Kalau sedang diare isi perut demikian cepat melewati usus, sehingga hormon pil tidak dapat cukup diserap ke dalam darah. Bila diare hanya berlangsung sehari, kemanjuran pil hanya sedikit atau tidak terpengaruh olehnya. Bila berlangsung lebih lama dari sehari, sebaiknya seperti biasa meneruskan minum pil. Jika diare jatuh pada saat harus minum pil tujuh belas hari pertama dari kemasan, maka disamping pil harus dipakai alat pencegah lainnya yang baik selama sepuluh hari berikutnya. Kalau sedang memakai pil mini diare berlangsung lebih dari sehari, disamping pil harus selalu dipakai alat pencegah lain selama sepuluh hari. Tidak perduli berapa pil yang sudah diminum dari kemasan itu.

46) SETELAH BERHENTI MUNUM PIL, HAID BERJALAN TIDAK SEPERTI BIASA, APAKAH ITU WAJAR?

Setelah berhenti minum pil, pada umumnya berlangsung beberapa minggu sebelum siklus haid sepenuhnya dengan sendirinya berjalan lagi. Ini disebabkan karena kematangan telur pertama, jadi lepasnya telur, sering masih harus memerlukan waktu agak lama. Haid normal yang pertama sesudah berhenti minum pil kebanyakan datang satu sampai tiga minggu lebih lambat dari biasa. Tetapi bagi sepuluh persen dari pemakai pil, haid datang sampai lebih dari dua bulan; dua persen, bahkan berlangsung sampai lebih dari setengah tahun.
Tidak datangnya haid setelah berhenti minum pil ternyata sesudah diadakan pemeriksaan jarang ada hubungannya dengan pil itu sendiri. Kira-kira setengah dari wanita-wanita ini sebelumnya mulai minum pil sudah ada yang siklus haidnya sangat tidak teratur. Dari pemeriksaan ternyata bahwa gangguan-gangguan hormon yang didapat menjadi sebab dari tidak datangnya haid sesudah berhenti minum pil, timbulnya hampir sama dengan pada wanita yang haidnya tidak datang tanpa sebelumnya minum pil. Biar bagaimanapun pemeriksaan dokter dianjurkan bila haid tidak muncul lebih dari tiga bulan. Sering bahkan diperlukan pemeriksaan oleh dokter ahli kandungan untuk mengetahui sebab dari tidak datangnya haid itu.

47) APAKAH BIJAKSANA SESUDAH BERHENTI MINUM PIL LANGSUNG HAMIL?

Dianjurkan agar tidak hamil segera sesudah berhenti minum pil. Ada beberapa petunjuk bahwa kemungkinan agak lebih besar mendapatkan anak dengan cacat sejak lahir, bila anda segera setelah berhenti minum pil menjadi hamil daripada bila anda menunggu beberapa bulan lagi. Keberatan lain bagi pembuahan segera setelah berhenti minum pil adalah bahwa tepatnya mulai kehamilan sering tidak jelas. Hal ini akan menimbulkan kesulitan dalam menghitung tanggal kelahiran.

Dalam menghitung waktu kehamilan orang mulai dengan ketentuan waktu lepasnya telur dan bersama itu juga mulainya kehamilan terjadi kira-kira dua minggu sesudah datangnya haid terakhir. Tanggal haid yang terakhir dipakai sebagai dasar perhitungan. Setelah berhenti minum pil, maka sesudah pendarahan terakhir umumnya berlangsung tidak dua minggu tetapi kebanyakan beberapa minggu lebih lama sebelum ada telur lepas. Akibatnya dokter atau ahli kebidanan tidak mengetahui secara tepat kapan dimulainya kehamilan.

Untuk kontrol yang baik dan perawatan selama kehamilan ini penting sekali. Kalau semula anda sudah minum pil lalu ingin mempunyai anak sebaiknya anda menunggu dahulu beberapa haid yang normal. Selama waktu itu sebaiknya memakai alat pencegah lain yang baik.

48) APAKAH PIL BERPENGARUH ATAS KESUBURAN SETELAH ANDA BERHENTI MEMINUMNYA?

Lama orang mengira bahwa wanita setelah berhenti minum pil, sementara waktu akan lebih subur dari normalnya. Tetapi hal ini tidak pernah dibuktikan oleh kenyataan. Ada juga yang mengira bahwa setelah minum pil justru kesuburan menjadi kurang dari normalnya. Kalau ini benar, itu hanya untuk enam minggu yang pertama. Dari pemeriksaan ternyata bahwa gangguan-gangguan dalam kesuburan setelah masa itu hampir tidak pernah ada hubungannya dengan pemakaian pil. Jika kehamilan yang diharapkan tidak terjadi lebih dari setahun, dianjurkan untuk memeriksakan diri kepada dokter. Dengan tidak datangnya haid setelah berhenti minum pil, wanita harus lebih cepat pergi ke dokter.

49) APAKAH BESAR KEMUNGKINAN MENDAPAT ANAK KEMBAR SETELAH MINUM PIL?

Kemungkinan untuk mendapat anak kembar sesudah memakai pil tidak lebih besar dari bila tidak memakai pil sebelumnya. Kemungkinan adanya kembar bahkan kurang. Hanya jika wanita segera setelah berhenti minum pil menjadi hamil, kemungkinan mendapatkan anak kembar lebih besar dari pada kalau mereka sebelumnya tidak minum pil. Di antara tiap delapan puluh kehamilan, biasanya lahir satu anak kembar dekat sesudah memakai pil, jadi kemungkinannya satu berbanding empat puluh.

Tetapi pil itu juga tidak dapat disamakan dengan takaran hormon tertentu yang dipakai untuk menghadapi beberapa bentuk kemandulan yang tidak diharapkan. Dengan obat-obatan kemungkinan mendapatkan kembar tiga atau lebih selalu lebih besar. Di samping itu dulu orang juga mengira bahwa setelah memakai pil orang lebih banyak melahirkan bayi perempuan daripada lelaki. Inipun tidak pernah terbukti. Juga sesudah memakai pil kemungkinan melahirkan anak lelaki atau perempuan biasa saja, bahkan kemungkinan semacam itu kira-kira sama besarnya.

50) APAKAH KEMUNGKINAN MELAHIRKAN BAYI KURANG NORMAL LEBIH BESAR SETELAH MINUM PIL?

Selama pil ini ada, sudah dilihat pengaruh buruk yang mungkin timbul dari pemakaiannya terhadap bayi yang dilahirkan. Tidak satu pemeriksaan pun yang menunjukkan bahwa karena pil itu, lebih banyak dilahirkan bayi cacat sejak lahir. Di sini ada satu perkecualian. Memang ada bikti-bukti yang menunjukkan bahwa kehamilan yang terjadi segera sesudah minum pil agak lebih sering dilahirkan bayi cacat sejak lahir daripada kalau menunggu dulu beberapa haid yang biasa. Terutama wanita-wanita yang berusia di atas tiga puluh lima tahun akan menghadapi resiko ekstra ini. Bila sesudah menghentikan penggunaan pil menunggu dulu datangnya beberapa haid yang normal sebelum menjadi hamil, maka kemungkinan mendapatkan anak cacat sejak lahir tidak lebih besar daripada biasa.

51) DAPATKAH PIL ITU MERUSAK JANIN YANG SEDANG TUMBUH?

Ada beberapa petunjuk bahwa meneruskan minum pil pada minggu-minggu pertama kehamilan dapat merugikan janin yang masih muda. Terjadinya kehamilan praktis dapat ditentukan bila terjadi sesuatu kesalahan dalam minum pil. Misalnya bila sekali kelupaan minum pil atau sesudah beberapa hari diare tanpa ada tindakan pencegahan yang lain. Jika sudah minum pil tetapi kehamilan tidak dapat dicegah, maka perlu secepat mungkin hal ini dimintakan penjelasan dari dokter yang jelas. Bila haid tidak datang mestinya sudah harus dipikirkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

52) DAPATKAH DIADAKAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN SELAMA MINUM PIL?

Ya, itu mungkin sekali. Hormon pil tidak mengganggu pemeriksaan kehamilan. Tidak hanya pengujian oleh dokter, tetapi juga pengujian yang dapat dibeli di apotek. Jika haid tetap tidak datang dan minum pil nya kurang teratur, seperti kelupaan minum pil, atau terjadi muntah dan diare, maka harus diperhitungkan kemungkinan kehamilan. Hanya dengan pengujian, lebih baik oleh dokter, dapat diperoleh kepastian. Kalau dari tes ternyata wanita itu hamil, minum pil harus segera dihentikan.

53) KAPAN PIL BOLEH DIMINUM KEMBALI SESUDAH BERSALIN?

Karena tidak terlalu lama sesudah bersalin anda dapat hamil lagi (juga bila anda menyusui), maka anda harus segera mulai (lagi) dengan pencegahan kehamilan. Antara sepuluh sampai empat belas hari sesudah bersalin anda sudah dapat mulai minum. Juga untuk pil mini dan pil suntik dalam empat belas hari sesudah bersalin dapat mulai diminum. Saat lain untuk mulai (lagi) minum pil ialah bila sesudah bersalin haid yang pertama datang. Hanya kadang-kadang dapat berlangsung beberapa bulan sesudah bersalin haid baru datang lagi. Juga dalam bulan-bulan ini perlu diusahakan obat anti konsepsi yang baik. Sesudah dikuret atau keguguran tidak perlu lagi menunggu beberapa hari untuk minum pil lagi. Dalam kasus-kasus ini boleh langsung minum lagi.

54) APAKAH PIL BERPENGARUH PADA AIR SUSU IBU DAN APAKAH TIDAK BERBAHAYA BAGI BAYI?

Kalau seorang wanita segera setelah bersalin mulai minum pil maka produksi air susu ibu agak berkurang. Kalau produksi air susu ibu berjalan baik, pengaruh pil terhadapnya dapat diabaikan. Oleh karena itulah dinasehatkan untuk menunggu minum pil sampai hari ke empat belas sesudah bersalin. Berhubung pil suntik tidak berpengaruh sama sekali pada air susu ibu beberapa dokter menganjurkan cara itu pada wanita yang mau meneteki bayinya. Jumlah hormon yang masuk ke dalam air susu ibu oleh pil tidak perlu dirisaukan. Jumlah itu hampir tidak berpengaruh pada bayi yang menyusu.

55) APAKAH ADA OBAT YANG BERPENGARUH JELEK ATAS KEMANJURAN PIL?

Memang ada obat-obatan yang dapat mengurangi kemanjuran pil itu. Terutama pil kombinasi (pil midi atau pil sub -50) yang dosisnya rendah ternyata peka terhadap obat-obatan tertentu. Pada pemakaian (jangka panjang) obat-obat semacam itu, lebih baik tidak minum pil kombinasi yang dosisnya rendah, tetapi minum pil kombinasi yang dosisnya normal saja. Merundingkan hal ini dengan dokter selalu penting. Terutama terhadap obat untuk Tuberkulose dan epilepsi. Tetapi terhadap obat-obat lainnya mungkin juga. Maka harus berhati-hati terhadap obat-obat sebagai berikut: amfipen, bellergal. (delta) butazolidin, diphantoine dihydergot, doriden, etaphyline, fenobarbital, fenytoine, furadantine, globenicol, irgapyrin, lederkyn, librium, luminal, meprolette, mysoline, natisedine, novalgin, pathibamate, penbritin, pentrexyl, rifadin, rimactan, sanalepsi, sedapon, sedapersantin, sedibaine, trinuride-h, tomanol dan urfamicine.

Sebaiknya ada juga obat yang kerjanya dipengaruhi oleh pil. Obat-obatan yang dapat dipengaruhi itu adalah: tofranil obat untuk diabetes, untuk epilepsi dan obat yang membuat darah kurang cepat beku (kadang-kadang terkenal sebagai obat pencair darah). Setiap kali seorang pemakai pil mendapat obat dari dokter ia harus memperingatkannya, bahwa ia memakai pil. Sebaliknya demikian pula. Juga dokter harus memperhatikan pengaruh timbal balik dari pil terhadap obat-obatan lainnya.

56) APAKAH ADA PENYAKIT YANG BERPENGARUH BURUK TERHADAP PIL?

Pada sakit ringan seperti misalnya masuk angin atau selesma kemanjuran pil tidak terganggu. Perkembangan penyakit juga tidak terpengaruh oleh pil. Oleh sebab itu pada waktu sakit ringan tidak ada masalah kalau meneruskan minum pil. Jika sakitnya serius lebih baik berhenti (sementara) minum pil. Bilamana perlu beehenti dan bilamana tidak, itu tidak mudah dikatakan. Disini harus selalu minta pertimbangan dokter yang menangani. Ini berlaku pula setiap kali orang harus dirawat di rumah sakit. Apa lagi jika ada gangguan perut dan usus seperti muntah atau diare, kemungkinanbesar kemanjuran pil berkurang. Ini disebabkan karena penyerapan hormon pil mungkin tidak cukup akibat gangguan-gangguan itu.

57) APAKAH SEBAGAI PEMAKAI PIL ANDA LEBIH PEKA TERHADAP INFEKSI?

Tidak, cerita yang dulu pernah terdengar bahwa karena minum pil wanita lebih peka terhadap infeksi, adalah omong kosong belaka. Pil tidak membuat daya tahan umum badan terhadap penyakit infeksi mengurang. Yang nyata ialah bahwa radang tertentu dalam saluran kencing dan liang senggama pil lebih sering terjadi daripada yang bukan peminum pil. Penyakit kelamin merupakan contoh. Ini tidak ada hubungannya dengan pil: Yang ada ialah kenyataan bahwa pil telah mendesak sebagian besar pemakai kondom (yang melindungi wanita dari kejangkitan penyakit kelamin) dan kebebasan seksualitas menjadi lebih besar. Pil memang sering mempunyai ’kesalahan’. Pemakai pil agak lebih mudah terganggu oleh pengeluaran cairan (keputihan) dari liang senggama daripada yang tidak memakai pil. Ini disebabkan karena (disamping itu juga karena kehamilan) kadar gula agak nail akibat pil. Jamur (candida) yang dalamkeadaan normal juga selalu terdapat pada liang senggama setiap wanita dapat memakai kesempatan itu untuk menimbulkan radang (kecil) dalam liang itu.

58) APAKAH BENAR PIL ITU MEMBANTU KEKURANGAN DARAH?

Ya, memang benar, pada pemakai pil kurang terdapat penderita kekurangan darah daripada wanita yang tidak memakai pil. Ini disebabkan karena haid pada pemakai pil umumnya lebih singkat dan kurang banyak, jadi kurang mengeluarkan darah, daripada haid wanita yang tidak memakai pil. Tetapi tidak berarti bahwa wanita yang banyak terganggu oleh kekurangan darah karena haid yang banyak selalu dapat sembuh bila minum pil. Untuk itu harus lebih dulu diusut sebab dari haid yang banyak itu. Misalnya ini dapat akibat dari daging liar di dalam rahim. Kalau kasusnya seperti ini, sangat keliru kalau minum pil, karena dengan pil daging liar itu makin tumbuh.

59) APAKAH HUBUNGAN YANG TEPAT ANTARA PIL DAN PENYAKIT GULA?

Sudah lama diketahui bahwa pil dapat mempengaruhi perubahan zat gula di dalam badan. Karena itu dulu pil tidak diberikan pada wanita yang menderita penyakit gula. Tetapi penyelidikan selanjutnya menyatakan bahwa pergantian dan perubahan zat oleh karena pil tidak menjadi soal. Pemakaian pil jangka panjang tidak menyebabkan penyakit gula, juga tidak bagi orang yang mempunyai bakat untuk itu. Juga wanita yang mempunyai penyakit gula yang telah disembuhkan dengan diet dan tablet atau suntikan, umumnya hanya sedikit mempunyai persoalan ekstra akibat pil. Hanya kadar gula dalam darah wanita-wanita ini untuk amannya perlu lebih sering diperiksa daripada sebelum menggunakan pil.

Bagi yang mempunyai penyakit gula yang berusia diatas 30 tahun memang tidak diperbolehkan minum pil. Sudah jelas mereka menanggung resiko lebih besar untuk medapatkan trombose.

60) KALAU PERNAH SAKIT KUNING, BOLEHKAH ANDA MINUM PIL?

Pertanyaan ini tidak dapat dijawab sederhana saja dengan ya atau tidak. Terutama tergantung pada apakah penyakit kuning itu telah menimbulkan kerusakan sementara atau kerusakan tetap pada hati. Kalau kerusakan itu sementara, tidak ada keberatan untuk minum pil, tetapi kalau kerusakan itu tetap, keberatan itu ada. Bagi dokter juga tidak selalu mudah untuk memutuskan apakah wanita yang dulu pernah sakit kuning boleh minum pil. Kadang-kadang dia mengijinkan, kadang-kadang tidak. Sering pil boleh diminum jika penyakit kuning itu akibat infeksi virus, tetapi kebanyakan tidak boleh bila penyakit kuning timbul ketika wanita hamil. Bila wanita yang memakai pil mendapat penyakit kuning, ia harus menghentikan minum pil, dengan persetujuan dokter.



<< to be continue >>

Note :
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 1) --- Ada DISINI ---
99 Pertanyaan tentang pil KB (Bagian 2) --- Ada DISINI ---

0 komentar:

Poskan Komentar