Senin, 09 April 2012

Yuk Membaca Hasil USG!!

Google.com


Cara Membaca Hasil USG
Kadang kita bingung membaca sendiri hasil USG (termasuk saya, hehehehe), karena lembar USG berisi dengan singkatan-singkatan yang sering kali tidak dijelaskan dengan detil oleh sang dokter kecuali kita bertanya J
Selain Gambar ada juga tabel atau angka hasil pengukuran dokter terhadap tungkai lengan, kaki, dan diameter kepala. Semua itu bisa menghasilkan rumus yang menunjukkan berapa berat janin di dalam kandungan.



Beberapa Istilah dalam USG adalah:
GA = Gestational Age. Ini menunjukkan perkiraan umur kehamilan bunda, berdasarkan panjang tungkai lengan, tungkai kaki ataupun diameter kepala. Jika salah satu dari GA di foto USG bunda menunjukkan besaran yang tidak normal, dokter langsung bisa mendeteksinya sebagai kelainan. Terutama GA di bagian kepala.
GS: Gestational Sac. Yaitu ukuran kantung kehamilan, berupa bulatan hitam. Ini biasanya muncul pada hasil foto USG trisemester awal.
CRL: Crown Rump Length. Yaitu ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi. Ini juga biasa digunakan dokter untuk mengukur janin di usia kehamilan trisemester awal.
BPD: Biparietal diameter. Ini adalah ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Biasa digunakan untuk mengukur janin di trisemester 2 atau tiga
FL: Femur Length. Merupakan ukuran panjang tulang paha bayi.
HC: Head Circumferencial atau lingkaran kepala.
C: Abdominal Circumferencial. Ukuran lingkaran perut bayi. Jika dikombinasikan dengan BPD (Biparietal Diameter)akan menghasilkan perkiraan berat bayi.
FW: Fetal weight atau berat janin.
F-HR: Fetal Heart Rate atau frekuensi jantung bayi.

Google.com

0 komentar:

Poskan Komentar